Sabtu, 02 April 2016

Ekonomika-Survei harga pasar



Hasil Survei Harga
(Pasar Tradisional,Pasar Supermarket serta Indomart)
Disini Kelompok kami melakukan survei beberapa barang di tiga pasar barang :
1.      Pasar Tradisional         :Pasar Karangayu,Jl.Jenderal Sudirman
2.      Pasar Supermarket      : Ada Siliwangi , Jl.Mgr SoegijoPranoto
3.      Indomart                     :Indomart Plus, Jl.Candi Prambanan,Manyaran
Berikut adalah hasil survei :
No
Nama Barang
Harga (Rp)
Pasar Tradisional
Pasar Supermarket
Indomart
1.       
Beras : (kg)




a.       Rojolele
12.000
13.690
12.700

b.      C4
10.500
11.989
11.580
2.       
Gula Pasir : (kg)




a.       Gulaku
12.500
13.695
12.700

b.      Gula Biasa
11.000
12.000
11.500
3.       
Minyak Goreng : (L)




a.       Bimoli
14.800
15.815
15.100

b.      Tropical
12.500
13.595
13.100
4.       
Sabun Mandi :




a.       Give
2.000
2.740
2.250

b.      Dettol
5.700
6.675
6.200
5.       
Sabun Cuci : (kg)




a.       Rinso
15.500
17.515
16.900

b.      Wings
9.000
11.175
10.100
6.       
Tepung Terigu : (kg)




a.       Segitiga Biru
9.800
11.945
10.200
7.       
Daging : (kg)




a.       Sapi
110.000
133.900
-

b.      Ayam
25.000
33.800
-

Analisis Hasil Survei :
a.      Perbedaan antara pasar tradisional , indomart dan Supermarket ( pasar modern)
ü  Pasar tradisional
adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.
ü  Indomaret
Adalah jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas penjualan kurang dari 200 M2 , perusahaan ini mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia.
ü  Pasar modern
adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya
Memang pasar tradisional, indomart ataupun Supermarket sama-sama merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli. Namun ketiga pasar tersebut memiliki perbedaan. Jika indomart atau pasar modern mengutamakan pelayanan yang menyenangkan, bangunannya baik, tempatnya nyaman segala kebutuhan pembeli diperhatikan, mulai dari parkir dan sarana lain, namun pembeli tidak perlu berinteraksi dengan penjual, sehingga komunikasi sosial tidak terjadi dan konsumen tidak membutuhkan kontak langsung dengan penjual.
 Pasar tradisional juga tidak kalah memberikan beberapa daya tarik, yaitu harga yang dibilang lebih murah dari pada pasar modern. Alasan itulah yang menyebabkan pasar tradisional dapat merambah pada masyarakat menengah sampai ke bawah. Selain harga, pasar tradisional memiliki daya tarik dalam segi tersedianya berbagai jenis barang yang dapat dipilih konsumen untuk dibeli. memang pasar tradisional terkesan penuh dengan kesemrawutan, mulai tata letak, sirkulasi pengunjung, bentuk dasaran barang sampai pada drainase dan lalu lintas di luar pasar maupun di dalam pasar, namun di situlah tertumpu ekonomi rakyat banyak, Keberadaan pasar tradisional terutama di daerah pedesaan, masih menyimpan esensi sebagai gambaran khas kearifannya, di mana pasar tradisional dapat menyuguhkan suasana lalu lalang pengunjung mencari barang yang lebih murah harganya dibanding dengan pedagang yang lain.Proses jual beli terjadi secara interaktif, harga.Komunikasi dan interaksi sosial terjalin dengan sendirinya, suasana keakraban antara penjual dan pembeli terwujud.
Mengapa Terjadi Perbedaan Harga antara Pasar Tradosional , Indomart , serta Supermarket ?
Harga merupakan satu-satunya komponen dalam bauran pemasaran yang dikategorikan sebagai pemasukan. Strategi penetapan harga sangat kompleks dan sangat penting karena mempunyai hubungan langsung dengan penghasilan secara keseluruhan. Kecenderungan penetapan harga lebih bertumpu kepada permintaan konsumen dan dinamika persaing.
Diantara ketiga pasar barang yang telah kami survei terjadi perbedaan harga dibeberapa barang. Dalam hal ini pasar modern (supermarket) memiliki harga barang yang lebih mahal dibandingkan dengan kedua pasar lainnya . mungkin dikarenakan dalam pasar swalayan harus menanggung beban yang lebih banyak , seperti beban pajak dari bangunan swalayan yang mewah dan megah itu yang memberikan rasa nyaman saat berbelanja , beban listrik ,air,dll yang tinggi, ada pula beban gaji karyawan yang harus dibayarkan maka dari itu tingkat harga dipasar swalayan lebih tinggi untuk menutupi beban-beban yang dikeluarkan , agar tetap mendapat keuntungan dalam usahaya.
Yang kedua yang itu Indomart jaringan minimarket yang menyediakan barang-barang kebutuhan sehari-hari ini juga memiliki tingkat harga yang relative ditengah , yaitu dibawah harga supermarket  dan diatas harga pasar tradisional , menurut kelompok kami dikarenakan luas cakupan pasarnya yang lebih kecil jadi beban yang dikeluarkan pun lebih sedikit dibandingkan dengan supermarket . tapi tingkat harga di indomart masih lebih tinggi dibanding dengan pasar tradisional karena pengelola harus mengeluarkan beban-beban seperti halnya disupermarket , tetapi yang dikeluarkan lebih sedikit.
Yang ketiga yaitu tingkat harga dipasar tradional yang dianggap lebih murah dibanding dengan kedua pasar tersebut, karena dipasar tradisional kita bisa menawar harga barang yang telah ditetapkan oleh penjual sebelumnya . Selain itu pedagang juga menjual dalam jumlah yang banyak , dan jauh lebih lengkap dibandingkan dengan supermarket dan indomart. Tapi kemungkinan murahnya harga dipasar tradisional juga dipengaruhi oleh banyaknya pesaing yaitu para penjual produk yang sama , jadi mereka hanya mengambil sedikit keuntungan agar barang jualan mereka terjual sesuai target.
SIMPULAN :
Dari ketiga pasar yang telah disurvei memang memiliki tingkat harga yang berbeda , namun perbedaan itu juga diimbangi dengan fasilitas yang diberikan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan untuk menuju yang lebih baik . sekarang kita dapat memilih , belanja dipasar modern yang nyaman atau pasar tradisional dengan keadaan seadanya , tergantung dengan minat masyarakat sendiri dalam menentukan pilihan berbelanjanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar